Analisa Diri

Definisi analisis diri

Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui hal yang sebenarnya. Sedangkan diri diartikan dari segi biologis dan psikologis. Diartikan pula sebagai keutuhan dari aku. Sehingga diri  didefinisikan sebagai individu manusia.

Analisis diri, secara umum adalah ingin mengungkap latar belakang ideologi, sosial, budaya, keagamaan dan kondisi psikologis peserta. Sedangkan secara khusus ingin mengungkap harapan, kekhawatiran motivasi peserta untuk menjadi bagian dari PMII. Sehingga peserta memiliki kesadaran bahwa ia sebagi manusia diciptakan sebagai mahluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia dengan akal dan nuraninya memiliki potensi cipta, rasa dan karsa (berbudaya) sehingga ia memiliki kebebasan untuk berpikir secara mandiri dalam rangka merubah konstruksi pola pikir, pola sikap dan pola tindak.

Analisis diri juga dapat diartikan sebagai usaha memahami dengan cara menggali aspek-aspek mendasar yang membentuk diri seseorang. Aspek-aspek tersebut yang mengarahkan kepada kesadaran diri individu. Kesadaran diri seseorang menjadi sangat penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian.

Kesadaran diri (Self awareness) sebagaimana yang diungkapkan Goleman (1997, 2001) merupakan kemampuan individu untuk mengetahui apa yang dirasakan pada suatu saat dan menggunakannya untuk memandu pengambilan keputusan diri sendiri, memiliki tolak ukur yang realistis atas kemampuan diri dan kepercayaan diri yang kuat.

Karasteristik kesadaran diri meliputi Attention, Wakefulness, Architecture, Reccal of knowledge, dan emotive (Solso, 2008). Attention atau perhatian, dimana pemusatan sumber daya mental ke hal-hal eksternal maupun internal. Individu memperhatikan suatu objek dari luar dirinya untuk mendapatkan kesadaran tanggung jawab, selain isyarat-isyarat eksternal, individu dapat mengalihkan perhatian perhatian kedalam diri dan merenungkan pikiran-pikiran pribadi, memori-memori, cita-cita, sehingga kesadaran diri akan dapat terbentuk.

Wakefulness atau kesiagaan merupakan suatu kondisi mental yang dialami seorang sepanjang hidupnya, dalam setiap hari. Architecture sebuah aspek struktur fisikologis, dimana kesadaran bukanlah sebuah proses tunggal yang dilakukan oleh sebuah neuron tunggal, melainkan dipertahankan melalui sejumlah proses-proses neorologis yang diasosiasikan dengan interprestasi terhadap fenomena sensorik, sematik, kognitif, dan emosional, yang ada secara fisik maupun secara imajinatif. Reccal of knowledge adalah proses pengambilan informasi tentang pribadi yang bersangkutan dan dunia disekelilingnya. Kesadaran memampukan manusia mendapatkan akses ke pengetahuan melalui proses recall dan rekognisi terhadap informasi mengenai diri pribadi dan mengenai dunia ini. Emotive, suatu kondisi sadar, sebagai bentuk perasaan atau emosi. Emosi ditimbulkan oleh kondisi internal saat individu merespon peristiwa-peristiwa eksternal, saat individu berusaha mendeskrifsikan emosi-emosi subyektif tersebut kepada orang lain, perasaan-persaan tersebut persis sebagaimana yang individu rasakan.




Konsep Manusia

Kesadaran diri seseorang dipengaruhi dari pandangannya tentang hakikat manusia, apa sebenarnya manusia (Aku) itu? unsur apa saja yang membentuk manusia (Aku)?apa yang seharusnya manusia (Aku)  lakukan? Adalah beberapa pertanyaan dasar yang membentuk kesadaran diri seseorang.

Dari sekian banyaknya gagasan tentang apa itu manusia, berikut adalah konsep manusia yang dilihat dari perspektif tiga bidang yang berbeda; filsafat, psikologi, dan islam.

  • Perspektif Filsafat

Plato, salah seorang tokoh awal filsafat, memandang bahwa hakikat dari manusia adalah jiwa sedangkan fisik merupakan tanda atau manifestasi dari jiwa (aliran esensialisme). Jiwa lah yang menuntukan gerak dari tubuh. Menurut plato ada tiga unsur dalam jiwa (terdapat satu unsur yang lagi yang menuntun ketiganya), Ia menggambarkannya sebagai “Kereta bersayap dengan dua kuda (hitam dan putih) dan dikendalikan saisnya”. Kuda hitam melambangkan nafsu-nafsu rendah, Epithumia. Kuda putih melambangkan hasrat dan harga diri, Thumos. Sais melambangkan akal, Logostikon. Sedangkan sayap melambangkan cinta yang mewarnai keseluruhan unsur jiwa;, Eros. Tugas manusia dengan keretanya adalah ‘naik ke langit’  mengikuti kereta para dewa, menata hidupnya sesuai teladan keilahian. Namun gerak keluar (eksternal) ini sulit dilakukan karena mereka tidak mampu menata gerakan internalnya dengan baik.

  • Perspektif Psikologi

Sigmund Freud menyatakan bahwa ada tiga hal yang berpengaruh dalam diri manusia yaitu: id, ego dan super ego. Id,adalah suatu yang berisi naluri, Id berfungsi dialam bawah sadar manusia, sehingga hanya memikirkan kesenangan semata. Ego merupakan aspek psikologis yang timbul karena kebutuhan organisme untuk berhubungan baik dengan dunia nyata. Ego berfungsi untuk menyalurkan dorongan Id kedalam kehidupan nyata. Superego adalah tempat penyimpanan  moral dan nilai-nilai sosial yang diserap individu dari lingkungannya. Tujuan superego adalah membawa membawa kearah kesempurnaan sesuai dengan pertimbangan  “keadilan dan moral”.

  • Perspektif Islam

Al-Ghazali manusia itu tersusun dari unsur materi dan immateri yang berfungsi sebagai abdi dan khalifah di bumi. Sedangkan untuk pengertian hakikat kejadian manusia Al-Ghazali lebih menekankan pada rohani dan jiwa manusia itu sendiri. Manusia itu pada hakikatnyaadalah jiwanya. Jiwa adalah kesempurnaan pertama, tidak bersifat buatan. Jiwalah yang membedakan manusia dengan makhluk-makhluk Allah lainnya. Dengan jiwa manusia dapat merasa, berfikir, berkemauan dan berbuat lebih banyak. Tegasnya jiwa itulah menjadi hakikat yang hakiki dari manusia karena sifatnya latif, rohani, rabbani dan abadi sesudah mati.

Dalam karya ihya ‘ulumuddin, Al- Ghazali menjelaskan bahwa manusia terdiri dari elemen yaitu ruh dan jasad. Ruh mempunyai dua pengertian, yang pertama ruh adalah jisim yang latif dan bersumber didalam qolb al-jasmani. Ruh ini memancar keseluruh tubuh melalui nadi, urat dan darah. Cahaya pancarannya membawa kehidupan manusia, seperti ia dapat merasa, mengenal dan berfikir. Arti kedua dari ruh adalah roh ruhani yang bersifat kejiwaan, yang memiliki daya rasa, kehendak dan berfikir. Rohdalam pengertian inilah yang dimaksud ayat Al-Quran yang artinya: “mereka bertanya kepada engkau tentang roh. Katakan:  roh itu urusan tuhanku dan tidaklah kamu diberi ilmu tentangnya kecuali sedikit sekali”. (Qs. Al-Isra’: 85)

Menurut Al-Ghazali, roh manusia mempunyai 3 unsur yang membedakan dengan roh makhluk-Nya yang lain:

Hati (Al-Qalb)

Arti pertama Al-Qalb adalah al-Qalb al-jasmani, yaitu daging khusus yang berbentuk seperti jantung pisang yang terletak disebelah dalam dada sebelah kiri. Kedua, al-qalb dalam pengertian jiwa yang bersifat latf, rohaniah, rabbaniah dan mempunyai hubungan dengan qalb jasmani. Qalb dalam pengertian kedua inilah yang merupakan hakikat manusia karena sifat dan keadaannya yang bisa merasa, kemauan, berfikir, mengenal, beramal, ditunjukan perintah dan larangan serta pahala dan siksa Allah SWT.

Nafsu (Al-Nafs)

Arti al-nafs adalah kekuatan hawa nafsu yang terdapat dalam diri manusia yang merupakan sumber bagi timbulnya akhlak tercela. Al-Ghazali membagi AL-Nafs kedalam beberapa tingkatan: nafs al-ammarah yaitu nafsu yang sedikitpun tidak mempunyai unsur-unsur kebaikan dan senantiasa cenderung kepada kejahatan. Nafs al-Mulhamah, yaitu nafsu yang mengundang kebaikan dan kejahatan tetapi nafsu nafsu yang jahat lebih banyak dari pada nafsu yang baik. Nafs al- Lauwamah, yaitu kebalikan dari nafs al-mulhamah. Nafs al-Muthmainnah, yitu nafsu yang memiliki ketenangan dan ketentraman dalam mengemban amanat Allah dan tidak mengalami kegoncangan yang disebabkan tantangan yang ditimbulkan oleh hawa nafsu.




Akal (Al-‘Aql)

Arti pertama ilmu tentang hakikat segala sesuatu. Dalam pengertian ini akal dapat diibaratkan sebagai sifat ilmu yang bertempat dijiwa (al-Qalb). Pengertian kedua dari al-aql adalah akal rohani yang memperoleh ilmu pengetaahuan itu sendiri. Akal itu tidak lain adalah jiwa yang bersifat latif, rabbani dan rohani yang merupakan hakikat diri dan zat manusia.

http://slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-game.piipers.hemsida.eu/ https://publications.thapar.edu/plugins/slot88/ https://philparsons.co.uk/ https://omatsuri.co.jp/ http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/ https://chair.rmu.ac.th/media/images/link-gacor/ https://exams2.mehe.gov.lb/ https://mobileapp.iom.int/ https://uts.com.pk/slot-gacor-online/ https://devinscricao.uniritter.edu.br/ https://ilxl.ecs.fullerton.edu/wp-includes/ https://librarydirectory.dpi.wi.gov/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/assets/slot-gacor/ https://weatheraidev-trafficmanager.accuweather.com/ https://engineering.news.com.au/ https://weddinglovely.com/ http://situs-slot.piipers.hemsida.eu/ https://cmder.net/ http://judi-slot.piipers.hemsida.eu/ https://onokumus.com/ http://mycollab.com/ http://pg-slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pulsa.piipers.hemsida.eu/ http://judi-slot-online.piipers.hemsida.eu/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/sitemaps/ http://judi-online.piipers.hemsida.eu/ https://shibboleth.csustan.edu/ http://slot-terpercaya.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pragmatic.piipers.hemsida.eu/ http://data.withinwindows.com/ http://implbits.com/ http://ciudadanointeligente.org/ http://bocabit.elcomerciodigital.com/ https://onlineprd.uncg.edu/ https://piipers.hemsida.eu/ http://tesismapantropologia.izt.uam.mx/images/-/slot-gacor/ http://geografiahumana.izt.uam.mx/wp-includes/images/-/slot-gacor/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-content/uploads/2022/slot-demo/ http://economiafinanciera.izt.uam.mx/wp-includes/sitemaps/-/situs-slot-online/ http://imaginariosyrepresentaciones.izt.uam.mx/wp-includes/images/media/slot-terbaik/ http://moeduniv.izt.uam.mx/wp-includes/Requests/slot/ http://www.coloquiodeadministracion.izt.uam.mx/wp-includes/css/slot-online/ http://slot-gacor.piipers.hemsida.eu/ https://ulakumina.unilever.com/ http://chipmeup.pokernews.com/ https://duedex.com/ https://vtuber.damonge.com/ http://pragmatic.piipers.hemsida.eu/ https://srollins.cs.usfca.edu/ https://vp.becode.org/ https://spotspot.wstone.io/ https://changelog.itrackbites.com/ http://2016.gopherconbr.org/ "http://situs-slot-online.piipers.hemsida.eu/ http://docs.aptana.com/ https://data.hudson.com/ http://schdt2.microsoft.com/ http://schom2.microsoft.com/ https://magento234.webkul.com/