Follow Up MAPABA PK PMII STITNU Dharmasraya Dimentori oleh Demisioner PC PMII DIY

Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) datangkan Pengurus Demisioner PMII Cabang Yogyakarta untuk follow-up Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) di halaman Masjid Agung Dharmasraya, Gunung Medan, Rabu (1/6/2022).

Ketua PK PMII STITNU, Suhendri mengatakan follow up kali ini mengusung tema mewujudkan mental mahasiswa yang bermotto, berkhidmat, dan berkomitmen dalam pergerakan.

“Hal ini terdapat dalam Trilogi PMII,” kata Suhendri.

Ditambahkan Suhendri untuk materi follow yaitu tentang Nilai-nilai Dasar Perjuangan (NDP) yang dimentori oleh Sahabati Sri Damayanti yang merupakan Demisioner Pengurus Cabang PMII Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga pengurus Lembaga Sosial Rumah Indonesia.

Sementara itu, Maya Damayanti, Demisioner Pengurus Cabang PMII Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan hal hal penting terkait NDP dan filosofis yang harus di miliki oleh anggota PMII yaitu aktifitas berfikir, berucap dan berbuat penting untuk di terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sri Damayanti yang akrab disapa Maya ini juga menyampaikan tentang sejarah historis NDP sendiri memang tercipta dari buah pikir para pendahulu di PMII dimana selama 15 tahun para pendahulu PMII ini merumuskan sampai tuntas terkait materi PMII. Imbuhnya

“Dan untuk itu anggota PMII juga harus memahami peran dan fungsi NDP ini,” tegas Maya.

Dijelaskannya, fungsi NDP sendiri adalah Kerangka refleksi atau kerangka berpikir untuk bisa merumuskan pergerakan, ada Aksi nyata ke masyarakat dan ada juga ideologis pengkaderan dengan metode berpikir Aswaja.

“Peran dari NDP yaitu sebagai sumber ideal moral, landasan berpikir dan motivasi,” terang Maya.

Masih, Maya menekankan kepada kader PMII di momentum hari lahir Pancasila ini mari bangkit bersama merawat peradaban dunia.

“Ini pun sudah tertuang di dalam AD-ART Organisasi” tungkas Maya.

Kegiatan kegiatan yang menyatukan seperti ini sering di adakan guna memupuk semangat para kader-kader PMII yang ada di Dharmasraya.

“Kemungkinan besar untuk selanjutnya kita akan mengadakan acara yang lebih besar dan terstruktural dengan baik,” harapnya.