Gap Generation dan Pola Komunikasi

Generasi adalah suatu konstruksi sosial dimana di dalamnya terdapat sekelompok orang yang memiliki kesamaan umur dan pengalaman historis yang sama, sehingga individu yang menjadi bagian dari satu generasi adalah mereka yang memiliki kesamaan tahun lahir dalam rentan waktu 20 tahun dan berada dalam dimensi sosial dan dimensi historis yang sama (Putra, 2017). Kupperschmidt (2000) juga mendefinisikan generasi sebegai sekelompok individu yang mengidentifikasi kelompoknya berdasarkan kesamaan tahun kelahiran, lokasi dan kejadian-kejadian dalam kehidupan kelompok tersebut yang memiliki pengaruh dalam fase pertumbuhan mereka. Teori perbedaan generasi menurut (Elam, Stratton and Gibson, 2007) membagi generasi menjadi tiga kelompok berdasarkan karakteristiknya, yaitu generasi baby boomers, generasi X dan generasi Y (milenials) dan terakhir generasi terbaru yaitu generasi Z.

Perbedaan generasi selalu menjadi isu yang didiskusikan dalam masyarakat. Setiap generasi memiliki karakteristik unik yang kemudian menentukan proses komunikasi yang berlangsung dalam berbagai konteks. Perbedaan generasi juga seringkali menimbulkan masalah karena setiap generasi lekat dengan nilai-nilai ideal tertentu yang sangat mungkin berbeda satu sama lain. Lokasi sosial Indonesia dengan latar belakang kultur kolektivistik yang selalu berorientasi pada kelompok, menempatkan perbedaan generasi sebagai isu yang penting.



Generasi Baby boomer (1946-1967) merupakan kelompok yang kompetitif, ambisius, namun masih setia pada etika dan nilai-nilai yang spesifik. Mereka juga terkenal memiliki sifat workaholic dan menghargai hubungan personal antarpekerja. Generasi X (1968-1980) merupakan generasi yang lahir pada era awal perkembangan teknologi dan informasi, seperti perkembangan teknologi PC (personal computer), internet, handphone, televisi, dan sebagainya. Ciri khas dari generasi X secara umum adalah mampu beradaptasi, mampu menerima perubahan dengan baik, memiliki karakter mandiri dan loyal, sangat mengutamakan image, nama baik dan materi, pekerja keras, dan menghitung kontribusi yang telah diberikan perusahaan terhadap hasil kerjanya (Jurkiewicz, 2000).

Generasi Y yang juga disebut sebagai generasi milenial (1981-1994) merupakan generasi yang tumbuh bersamaan dengan era internet booming. Generasi Y juga memiliki ciri khas secara umum memiliki pola komunikasi sangat terbuka dibanding generasi-generasi sebelumnya, memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap perkembangan teknologi, lebih terbuka terhadap pandangan politik dan ekonomi sehingga terlihat reaktif terhadap perubahan sosial yang terjadi di lingkungannya.

Sementara itu Generasi Z, lahir 1995-2010, Generasi Z (disebut juga iGeneration, Generasi Net, atau Generasi Internet) terlahir dari generasi X dan Generasi Y. Karakteristik Gen Z adalah Fasih Teknologi , tech-savvy, web-savvy, appfriendly generation, Sosial, sangat intens berinteraksi melalui media sosial dengan semua kalangan, Ekspresif, cenderung toleran dengan perbedaan kultur dan sangat peduli dengan lingkungan, Cepat berpindah dari satu pemikiran/pekerjaan kepemikiran/pekerjaan lain (fast switcher). Generasi ini termasuk Angkatan termuda dalam dunia kerja saat ini. Mereka juga turut andil dalam isu generation gap di kantor.

Setiap generasi dipengaruhi oleh lingkungan dan budaya global dimasa kehidupaya sehingga berpegaruh terhadap karakteristik dan cara berkomunikasi. Berarti setiap generasi memiiliki Pola komunikasi masing-masing. Lalu bagaimana pengiOaruh gap generation tersebut dalam pola komunikasi di Organisasi.

Generasi Baby Boomer sangat menghargai hubungan interpersonal, mengingat mereka tidak tumbuh bersama teknologi setiap harinya. Menulis surat dan berkomunikasi via telepon (bukan ponsel) menjadi ciri khas pola komunikasi generasi ini. sementara generasi X cenderung memiliki pola komunikasi yang bersifat komunikasi vertikal karena bagi karyawan dari generasi X mengutamakan pada sistem koordinasi dan pengambilan keputusan yang tepat sesuai dengan alur komunikasi di perusahaan tempat mereka bekerja. Sedangkan generasi Y (milenial) memiliki kecenderungan pola komunikasi vertikal dengan memanfaatkan media atau teknologi yang tersedia dalam perusahaan untuk menunjang proses komunikasi yang bersifat koordinasi atau vertikal.

Sementara itu Generasi Z menghindari gaya komunikasi dominan yang mengontrol dan penuh aturan. Secara bersamaan dan juga bergantian, mereka memakai gaya komunikasi yang santai, terbuka, dan bersahabat. Generasi Z nyaman untuk memulai komunikasi dengan teman baru melalui media sosial dan ruang virtual lainnya.
Artinya sangat jelas bahwa gap generation mempengaruhi pola komunikasi dalam organisasi atau perusahaa. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh (Putri, Hartanto and Husna, 2019) yang menungkapkan bahwa perbedaan generasi berpearuh terhadap pola komunikasi di organisai.



Rujukan

Elam, C., Stratton, T. and Gibson, D. D. (2007) ‘Welcoming a new generation to college: The millennial students.’, Journal of College admission. ERIC, 195, pp. 20–25.

Jurkiewicz, C. L. (2000) ‘Generation X and the public employee’, Public Personnel Management. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA, 29(1), pp. 55–74.

Kupperschmidt, B. R. (2000) ‘Tips to help your recruit, manage, and keep generation x employees’, Nursing management. Lippincott Williams & Wilkins Ovid Technologies, 31(3), p. 58.

Putra, Y. S. (2017) ‘Theoritical review: Teori perbedaan generasi’, Among Makarti, 9(2).

Putri, G. S., Hartanto, B. and Husna, N. (2019) ‘Generation Gap; Analisa Pengaruh Perbedaan Generasi Terhadap Pola Komunikasi Organisasi di Perusahaan Consumer Goods Di Kota Surabaya’, JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), pp. 36–43.

http://slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-game.piipers.hemsida.eu/ https://publications.thapar.edu/plugins/slot88/ https://philparsons.co.uk/ https://omatsuri.co.jp/ http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/ https://chair.rmu.ac.th/media/images/link-gacor/ https://exams2.mehe.gov.lb/ https://mobileapp.iom.int/ https://uts.com.pk/slot-gacor-online/ https://devinscricao.uniritter.edu.br/ https://ilxl.ecs.fullerton.edu/wp-includes/ https://librarydirectory.dpi.wi.gov/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/assets/slot-gacor/ https://weatheraidev-trafficmanager.accuweather.com/ https://engineering.news.com.au/ https://weddinglovely.com/ http://situs-slot.piipers.hemsida.eu/ https://cmder.net/ http://judi-slot.piipers.hemsida.eu/ https://onokumus.com/ http://mycollab.com/ http://pg-slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pulsa.piipers.hemsida.eu/ http://judi-slot-online.piipers.hemsida.eu/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/sitemaps/ http://judi-online.piipers.hemsida.eu/ https://shibboleth.csustan.edu/ http://slot-terpercaya.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pragmatic.piipers.hemsida.eu/ http://data.withinwindows.com/ http://implbits.com/ http://ciudadanointeligente.org/ http://bocabit.elcomerciodigital.com/ https://onlineprd.uncg.edu/ https://piipers.hemsida.eu/ http://tesismapantropologia.izt.uam.mx/images/-/slot-gacor/ http://geografiahumana.izt.uam.mx/wp-includes/images/-/slot-gacor/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-content/uploads/2022/slot-demo/ http://economiafinanciera.izt.uam.mx/wp-includes/sitemaps/-/situs-slot-online/ http://imaginariosyrepresentaciones.izt.uam.mx/wp-includes/images/media/slot-terbaik/ http://moeduniv.izt.uam.mx/wp-includes/Requests/slot/ http://www.coloquiodeadministracion.izt.uam.mx/wp-includes/css/slot-online/ http://slot-gacor.piipers.hemsida.eu/ https://ulakumina.unilever.com/ http://chipmeup.pokernews.com/ https://duedex.com/ https://vtuber.damonge.com/ http://pragmatic.piipers.hemsida.eu/ https://srollins.cs.usfca.edu/ https://vp.becode.org/ https://spotspot.wstone.io/ https://changelog.itrackbites.com/ http://2016.gopherconbr.org/ "http://situs-slot-online.piipers.hemsida.eu/ http://docs.aptana.com/ https://data.hudson.com/ http://schdt2.microsoft.com/ http://schom2.microsoft.com/ https://magento234.webkul.com/