Metode Penelitian Ekspost Facto

Latar Belakang

Penelitian pada dasarnya adalah suatu kegiatan ilmiah atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah. Penelitian tidak lain adalah art and science guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan. Penelitian dapat pula diartikan sebagai cara pengamatan atau inkuiri dan mempunyai tujuan mencari jawaban permasalahan discovery maupun invention.

Seorang  peneliti  pada  prakteknya di lapangan  akan  memilih  salah  satu metode yang dipandang cocok untuk  penelitiannya, yaitu  yang  sesuai  dengan data yang akan diperoleh, tujuan, dan masalah yang akan dipecahkan (efektivitas). Pertimbangan lainnya adalah masalah efesiensi, yaitu seorang peneliti harus memperhatikan keterbatasan  dana,  tenaga,  waktu  dan  kemampuan.  Dengan demikian metode penelitian yang dapat menghasilkan informasi yang lengkap dan valid, dilakukan dengan cepat, sehingga dapat menghemat biaya, tenaga dan waktu.

Ada beberapa jenis penelitian salah satunya adalah penelitian eks pst facto. Penelitian ekspost facto bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variabel bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi.

Konsep Dasar Penelitian Ekspost Facto

Secara harfiah, ekspost facto berarti “sesudah fakta” karena sebab yang akan diteliti telah mempengaruhi variabel lain. Sedangkan secara umum, ekspost facto merupakan penelitian  yang dilakukan setelah apa yang akan diteliti itu terjadi. Istilah ekspost facto menunjukkan bahwa perubahan variabel bebas itu telah terjadi, peneliti dihadapkan kepada masalah bagaimana menetapkan sebab dari akibat yang sedang diamati. Menurut Kerlinger (1973) penelitian ekspost facto adalah penyelidikan empiris yang sistematis dimana ilmuwan tidak mengendalikan variable bebas secara langsung karena eksistensi dari variabel tersebut telah terjadi, atau karena variabel tersebut pada dasarnya tidak dapat dimanipulasi.

Muhammad (2005) menyatakan bahwa variabel bebas adalah variabel penyebab yang diduga, terjadi lebih dahulu dan variabel tak bebas adalah variabel akibat yang diperkirakan terjadi kemudian. Penelitian ekspost facto meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau tidak diberi perlakuan oleh peneliti. Penelitian sebab-akibat dilakukan terhadap program, kegiatan atau kejadian yang telah berlangsung atau telah terjadi. Adanya hubungan sebab-akibat didasarkan atas kajian teoretis, bahwa sesuatu variabel disebabkan atau dilatarbelakangi oleh variabel tertentu atau mengakibatkan variabel tertentu.

Donald Ary (1982) juga menyatakan bahwa penelitian ex post facto merupakan penemuan empiris yang dilakukan secara sistematis, peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel-variabel bebas karena manifestasinya sudah terjadi. Sebagai contoh seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh merokok terhadap kemampuan menyerap oksigen dalam darah. Peneliti tidak mungkin melakukan eksperimen dengan menyuruh orang menghisap beberapa batang rokok dalam sehari untuk diketahui pengaruhnya terhadap kemampuan darah dalam mengikat oksigen.

Secara umum dasar penelitian ekspost facto adalah sebagai berikut :

1) Menilai dengan subjek yang berbeda pada variabel bebas dan mencoba untuk menentukan konsekuensi yang berbeda. Contoh : pengaruh orang tua tunggal dan orang tua lengkap (variabel terikat) terhadap pembolosan (variabel bebas).

2) Dimulai dari subjek yang berbeda sebagai variabel terikat dan berusaha menentukan penyebab perbedaan itu. Contoh : perbandingan siswa yang latarnya dari sekolah tinggi dengan orang-orang yang drop out (variabel terikat) pada variabel bebas seperti motivasi atau kedisiplinan.

Fungsi dan Pemanfaatan Penelitian Ekspost Facto

Secara sederhana penelitian ekspost facto merupakan salah satu jenis penelitian yang difungsikan sebagai salah satu dari berbagai jenis penelitian baik penelitian bidang ilmu pengetahuan alam maupun ilmu pengetahuan social. Penelitian eks post facto merupaka penelitian yang banyak dipakai dalam situasi yang dihadapi oleh banyak penelitian Pendidikan. Penelitian ini tetap merupakan metode yang berguna yang dapat memberikan banyak informasi berharga bagi pengambilang keputusan dibidang Pendidikan.

Penelitian ekspost facto pun ideal sebagai penelitian social karena tidak memungkinkan atau tidak dapat diterima untuk memanipulasi katakteristik partisipan manusia. Penelitian eks post facto merupakan pengganti untuk penelitian eksperimental sejati dan dapat digunakan untuk menguji hipotesis tentang sebab akibat, dimana tidak praktis atau etis untuk menerapkan desain eksperimental sejati atau eksperimental semu.

Rits (1999) Penelitian eks post facto pula menghasilkan informasi yang bermanfaat mengenai fenomena : apa sesuai dengan apa, dibawah kondisi apa, dalam urutan dan pola apa, dan seterusnya. Memperbaiki Teknik, metode statistic, dan desain dengan pengontrolan fitur – fitur secara parsial, dalam beberapa tahun belakangan, juga merupakan sebab penelitian ekspost facto lebih banyak dipertahankan.

Karakteristik Penelitian Ekspost Facto

Dari berbagai definisi penelitian eks post facto , dapat ditarik ciri atau karakteristiknya, sebagai berikut :

  • Data dikumpulkan setelah semua peristiwa terjadi.
  • Variabel terikat ditentukan terlebih dahulu, kemudian merunut ke belakang untuk menemukan sebab, hubungan, dan maknanya.
  • Penelitian deskriptif yaitu menjelaskan penemuannya sebagaimana yang diamati.
  • Penelitian korelasional, mencoba menemukan hubungan kausal fenomena yang diteliti.
  • Penelitian eksperimental, dan ex post facto dasar logika yang digunakan dan tujuan yang ingin dicapai sama yaitu menentukan validitas empiris. Contoh: jika x maka y. Perbedaan antara penelitian eksperimen dan ex post facto adalah tidak ada kontrol langsung variable bebas dalam penelitian ex post facto.
  • Penelitian ex post facto dilakukan jika dalam beberapa hal penelitian eksperimen tidak dapat dilaksanakan. Hal tersebut adalah:
  1. Jika tidak mungkin memilih, mengontrol, dan memanipulasi faktor-faktor yang diperlukan untuk meneliti hubungan sebab akibat secara langsung
  2. Jika control semua variable kecuali independent tunggal, tidak realistik, dan artificial, mencegah interaksi yang normal dengan variable lain yang mempengaruhi.
  3. Jika kontrol secara laboratori untuk beberapa tujuan tidak praktis, baik dari segi biaya mapun etika.

Landasan Penelitian Ekspost Facto

Peneliti pemula sering sulit membedakan antara penelitian kausal komparatif yang kemudian disebut penelitian eks post facto dengan penelitian eksperimen dan penelitian korelasional. Terutama antara penelitian korelasional dan kausal komparatif mungkin membingungkan karena kedua penelitian ini tanpa manipulasi dan hal yang sama pun dalam interpretasi hasil. Namun tentu saja terdapat perbedaan diantara keduanya. Studi kausal komparatif biasanya melibatkan dua atau lebih kelompok dan satu variabel bebas, sementara korelasional biasanya melibatkan dua atau lebih variabel dan satu kelompok. Singkatnya studi kausal komparatif melibatkan perandingan sementara korelasional melibatkan korelasi.

Studi kausal komparatif melengkapi bukti hubungan sebab akibat lebih baik daripada penelitian korelasional. Sebagaimana penelitian korelasional, penelitian kausal komparatif kadang – kadang diperlakukan sebaga suatu jenis penelitian deskriptif karena ia mendeskripsikan kondisi yang telah ada. Penelitian kausal komparatif juga berupaya menentukan alasan atau sebab untuk kasus yang berlaku umum dari fenomena yang diteliti. Penelitian kausal komparatif berusaha menetapkan hubungan sebab akibat sementara korelasiona tidak. Penelitian korelasional berupaya menentukan apakah dan seberapa kuat suatu hubungan antara dua atau lebih variabel yang dapat dikuantitatifkan.

Hal yang sama antara penelitian eksperimental dan penelitian kausal komparatif. Keduanya pun sulit dibedakan karena keduanya berusaha untuk menetapkan hubungan sebab akibat dan keduanya melibatkan perbandingan kelompok. Namun, dalam suatu studi eksperimental peneliti menciptakan penyebab dengan sengaja membuat perbedaan kelompok kemudian mengamati pengaruh yang berbeda pada beberapa variable terikat. Sebaliknya, dalam studi kausal komparatif peneliti pertama mengamati pengaruh dan mencoba menentukan penyebabnya. Dengan kata lain, peneliti berupaya menentukan perbedaan antara dua kelompok yang telah ditunjukan pada perbedaan yag teramati pada beberapa variabel. Secara sederhana perbedaan antara studi eksperimental dan studi kausal komparatif adalah bahwa dalam studi eksperimental variabel bebas sebagai penyebab, dimanipulasi, sedang dalam studi kausal komparatif tidak demikian, melainkan ia telah mucul sebelumnya.

Dari jabaran diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian kausal komparatif atau penelitian eks post facto merupakan bagian dari penelitian kuantitatif hanya saja memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan penelitian kuantitatif lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas.

Daftar Pustaka

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ary, Donal. 1982. Pengantar Penelitian Dalam Kependidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Ezmir. 2009. Metodologi Peneltitian Pendidikan Kuntitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Frankel, J. & Wallen, N. 1993. How to Design and Evaluate research in Education, (second edition). New York : McGraw-Hill Inc.

Kerlinger, F.N., dan Pedhazur, E.J. 1987. Korelasi dan Analisis Regresi Ganda. Yogyakarta: Nur Cahya.

McMillan, J.H. & Schumacher S. 2010. Research in Education. New Jersey: Pearson Education.

Muhammad, Farouk., dkk,. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian.

Muhammad, Nasir. 1999. Metode Penelitian. Jakarta : PT Ghalia Indonesia.

Nasoetion, Andi Hakim. 1992. Pandun Berpikir dan Meneliti Secara Ilmiah bagi Remaja. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Shaughnessy, J.J. Zechmeister, E.B. & Zechmeister, J.S., 2007. Metodologi Penelitian Psikologi. Edisi ke-7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsudin, A.R., dan Vismaia, S.D. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

http://slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-game.piipers.hemsida.eu/ https://publications.thapar.edu/plugins/slot88/ https://philparsons.co.uk/ https://omatsuri.co.jp/ http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/ https://chair.rmu.ac.th/media/images/link-gacor/ https://exams2.mehe.gov.lb/ https://mobileapp.iom.int/ https://uts.com.pk/slot-gacor-online/ https://devinscricao.uniritter.edu.br/ https://ilxl.ecs.fullerton.edu/wp-includes/ https://librarydirectory.dpi.wi.gov/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/assets/slot-gacor/ https://weatheraidev-trafficmanager.accuweather.com/ https://engineering.news.com.au/ https://weddinglovely.com/ http://situs-slot.piipers.hemsida.eu/ https://cmder.net/ http://judi-slot.piipers.hemsida.eu/ https://onokumus.com/ http://mycollab.com/ http://pg-slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pulsa.piipers.hemsida.eu/ http://judi-slot-online.piipers.hemsida.eu/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/sitemaps/ http://judi-online.piipers.hemsida.eu/ https://shibboleth.csustan.edu/ http://slot-terpercaya.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pragmatic.piipers.hemsida.eu/ http://data.withinwindows.com/ http://implbits.com/ http://ciudadanointeligente.org/ http://bocabit.elcomerciodigital.com/ https://onlineprd.uncg.edu/ https://piipers.hemsida.eu/ http://tesismapantropologia.izt.uam.mx/images/-/slot-gacor/ http://geografiahumana.izt.uam.mx/wp-includes/images/-/slot-gacor/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-content/uploads/2022/slot-demo/ http://economiafinanciera.izt.uam.mx/wp-includes/sitemaps/-/situs-slot-online/ http://imaginariosyrepresentaciones.izt.uam.mx/wp-includes/images/media/slot-terbaik/ http://moeduniv.izt.uam.mx/wp-includes/Requests/slot/ http://www.coloquiodeadministracion.izt.uam.mx/wp-includes/css/slot-online/ http://slot-gacor.piipers.hemsida.eu/ https://ulakumina.unilever.com/ http://chipmeup.pokernews.com/ https://duedex.com/ https://vtuber.damonge.com/ http://pragmatic.piipers.hemsida.eu/ https://srollins.cs.usfca.edu/ https://vp.becode.org/ https://spotspot.wstone.io/ https://changelog.itrackbites.com/ http://2016.gopherconbr.org/ "http://situs-slot-online.piipers.hemsida.eu/ http://docs.aptana.com/ https://data.hudson.com/ http://schdt2.microsoft.com/ http://schom2.microsoft.com/ https://magento234.webkul.com/