Pendidikan di Persimpangan Jalan

Perdebatan sengit antara fuad hasan dengan habibie diakhir masa orde baru mengenai essensi pendidikan menjadi gambaran yang cukup jelas bagi kita tentang dualisme arah pendidikan. Fuad hasan menilai bahwa tujuan pendidikan adalah untuk menjadikan manusia menjadi manusia, memanusiakan manusia dan menjadikan manusia menjadi dirinya yang seutuhnya. Sementara Habibie menilai, tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia yang memiliki kompetensi tertentu. Menurut habibie tujuan pendidikan adalah menjadikan manusia yang mekanis.

Pandangan mereka dipengaruhi oleh background masing-masing. Namun bukan itu yang ingin kami kejar disini. Yang menarik bagi kita dari perdebatan mereka adalah tentang apa sebenarnya tujuan pendidikan yang selama ini dilakukan.

Dualisme ini sebenarnya sudah diawali dari perbedaan plato dan aristoteles dalam melihat dunia. Plato dengan idealismenya menilai ada suatu dunia ide yang harus dikejar manusia untuk membentuk kehidupan yang ideal. Sebaliknya aristoteles yang bersifat materialis mengatakan kita harus melihat dunia secara riil atau realitas.

Dalam pendidikan perdebatan pemikiran plato dan Aristoteles ini yang akan menginspirasi perjalanan pendidikan kritis. Pendidikan yang sebenarnya harus bisa membuat manusia menjadi makhluk yang sadar. Kesadaran ini yang oleh paulo freire disebut conscientização harus dikejar oleh manusia untuk membentuk kehidupan yang ideal.

Freire dalam salah satu bukunya menjelaskan ada tiga kesadaran dalam kehidupan manusia. yang pertama adalah kesadaran magis. Kesadaran magis ini dapat dicontohkan ketika kita melihat keadaan dunia pendidikan yang kacau  ini kita merasa tidak mampu berbuat apa-apa. Kita menilai ini adalah something that give for granted. Sesuatu yang tidak dapat dirubah. Sehingga membuat kesadaran kita terpasung dalam keadaan kita sendiri.

Kedua, adalah kesadaran naif. Dalam kesadaran ini manusia sudah mampu melihat permasalahan-permasalahan yang ada dalam pendidikan. Namun mereka merasa acuh untuk memperdullikannya. Paling mentok mereka menilai permasalahan ini berangkat dari diri sendiri. Sehingga yang mereka gembor-gemborkan adalah tentang motivasi diri dan sebagainya.

Nah kesadaran yang ketiga ini yang harus kita kejar. Kesadaran kritis mengharuskan kita melihat segala sesuatunya dari sistem yang ada. Kesadaran ini menjadikan kita harus waspada terkait apa saja yang mempengaruhi pendidikan menjadi seperti ini. Kesadaran ini harus dibangkitkan untuk membentuk manusia yang seutuhnya.

Namun dalam perjalanannya pembentukan kesadaran kritis ini tidak dapat berlangsung semulus yang diperkirakan. Ada hal-hal yang menutupi terjadinya perubahan sosial dalam pendidikan ini.

Gramsci menyatakan bahwa pendidikan kita sekarang dalam keadaan tersubordinasi. Ada kekuatan hegemonik diluar sana yang mencoba menyetir arah pendidikan kita. Kekuatan hegemonik ini yang mendominasi arah wacana pendidikan. Hal senada juga dinyatakan oleh Michel Foucault, Ia menyatakan bahwa kekuatan (hegemonik)  inilah yang menjadi pengatur relasi kekuasaan dengan pengetahuan yang berkembang dalam masyarakat. Yang tentunya sangat berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan di negeri ini.

Kesadaran kritis yang didamba-dambakan freire sepertinya dijawab oleh gramsci dalam prison noteboks nya. Gramsci mengemukakan harus ada intelektual organik yang mampu menjadi pioner perubahan dalam pendidikan kita. Harus ada satu kelompok intelektual yang sadar akan keadaan sekarang dan mampu membuat perubahan yang cepat dan terarah bagi terjadinya transformasi sosial terlebih khusus dalam ranah pendidikan.


http://slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-game.piipers.hemsida.eu/ https://publications.thapar.edu/plugins/slot88/ https://philparsons.co.uk/ https://omatsuri.co.jp/ http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/ https://chair.rmu.ac.th/media/images/link-gacor/ https://exams2.mehe.gov.lb/ https://mobileapp.iom.int/ https://uts.com.pk/slot-gacor-online/ https://devinscricao.uniritter.edu.br/ https://ilxl.ecs.fullerton.edu/wp-includes/ https://librarydirectory.dpi.wi.gov/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/assets/slot-gacor/ https://weatheraidev-trafficmanager.accuweather.com/ https://engineering.news.com.au/ https://weddinglovely.com/ http://situs-slot.piipers.hemsida.eu/ https://cmder.net/ http://judi-slot.piipers.hemsida.eu/ https://onokumus.com/ http://mycollab.com/ http://pg-slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pulsa.piipers.hemsida.eu/ http://judi-slot-online.piipers.hemsida.eu/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/sitemaps/ http://judi-online.piipers.hemsida.eu/ https://shibboleth.csustan.edu/ http://slot-terpercaya.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pragmatic.piipers.hemsida.eu/ http://data.withinwindows.com/ http://implbits.com/ http://ciudadanointeligente.org/ http://bocabit.elcomerciodigital.com/ https://onlineprd.uncg.edu/ https://piipers.hemsida.eu/ http://tesismapantropologia.izt.uam.mx/images/-/slot-gacor/ http://geografiahumana.izt.uam.mx/wp-includes/images/-/slot-gacor/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-content/uploads/2022/slot-demo/ http://economiafinanciera.izt.uam.mx/wp-includes/sitemaps/-/situs-slot-online/ http://imaginariosyrepresentaciones.izt.uam.mx/wp-includes/images/media/slot-terbaik/ http://moeduniv.izt.uam.mx/wp-includes/Requests/slot/ http://www.coloquiodeadministracion.izt.uam.mx/wp-includes/css/slot-online/ http://slot-gacor.piipers.hemsida.eu/ https://ulakumina.unilever.com/ http://chipmeup.pokernews.com/ https://duedex.com/ https://vtuber.damonge.com/ http://pragmatic.piipers.hemsida.eu/ https://srollins.cs.usfca.edu/ https://vp.becode.org/ https://spotspot.wstone.io/ https://changelog.itrackbites.com/ http://2016.gopherconbr.org/ "http://situs-slot-online.piipers.hemsida.eu/ http://docs.aptana.com/ https://data.hudson.com/ http://schdt2.microsoft.com/ http://schom2.microsoft.com/ https://magento234.webkul.com/