Penelitian Survei

Latar Belakang

Penelitian adalah proses kegiatan mencari kebenaran terhadap suatu fenomena ataupun fakta yang terjadi dengan cara yang terstruktur dan sistematis. Agar penelitian yang dilakukan mencapai sasaran yang diinginkan, maka diperlukan suatu metode yang baik yang sesuai dengan permasalahan yang  dikaji.  Salah  satu  cara  yang  dapat  digunakan  untuk  memecahkan masalah yaitu dengan metode penelitian. Metode penelitian memberikan pengetahuan  dan  keterampilan  yang  diperlukan  untuk  mengatasi  masalah serta menghadapi tantangan lingkungan dimana pengambilan keputusan harus dilakukan dengan cepat. Penelitian digunakan untuk menjawab keingintahuan seseorang akan suatu perkara. Dalam penelitian memiliki berbagai jenis, pendekatan, dan metode. Salah satu metode penelitian yang dapat dilakukan untuk mencari jawaban terhadap permasalahan yang diteliti adalah melalui metode penelitian survei.

Penelitian survei merupakan salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang karakteristik populasi yang digambarkan oleh sampel. Survei juga dapat dilakukan untuk mengumpulkan data terkait  sikap, nilai, kepercayaan, pendapat, pendirian, keinginan, cita-cita, sikap, dan perilaku. Penelitian ini juga dapat digunakan di berbagai bidang antara lain, ekonomi, bisnis, politik, pemerintah, sosiologi, dan pendidikan.  Dalam dunia  pendidikan,  penelitian survei juga  memiliki peran  yang  penting.  Penelitian  survei dalam  pendidikan  digunakan  untuk menghimpun data tentang siswa, seperti tentang sikap, minat, kebiasaan, cita- cita dan lain sebagainya, oleh karena itu penulis membuat makalah tentang penelitian survei ini, untuk memberikan gambaran kepada khalayak ramai tentang penjelasan penelitian survei beserta metodenya.



Konsep Dasar Penelitian Survei

Salah satu jenis penelitian yang sering digunakan dalam metode penelitian   ialah   metode   penelitian   survei.   Penelitian   survei adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Menurut Dalenius, penelitian survei harus memiliki prasyarat sebagai berikut:

a. Survei menyangkut sekumpulan objek yang ada dalam suatu populasi. Populasi dapat berbentuk bermacam-macam. kelas populasi pertama menyangkut  kumpulan  objek  yang  terbatas  seperti  individu,  bisnis atau pertanian. Populasi lain berupa proses yang dipelajari dari waktu ke waktu seperti peristiwa yang terjadi pada internal waktu tertentu burung buka misalnya kecelakaan, dan kriminal). Kelas populasi yang lain menyangkut  proses yang terjadi di lingkungan. Populasi harus selalu spesifik.

b. populasi di dalamnya harus memiliki satu atau lebih sifat yang dapat diukur. Pekerjaan seseorang pada waktu tertentu adalah contoh bentuk properti terukur dari suatu populasi indivi Tingkat jenis kejahatan tertentu selama periode waktu tertentu adalah contoh properti terukur dari populasi peristiwa. Proporsi suatu wilayah dengan penduduk yang padat merupakan contoh properti suatu populasi yang dapat diukur mengenai proses yang terjadi di suatu lingkungan.

c. Tujuan Dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan populasi dengan satu atau lebih parameter yang ditentukan dalam properti yang dapat diukur.  Dalam hal  ini dibutuhkan pengamatan (sampel dari) populasi. Contoh parameter ialah proporsi pengangguran dalam suatu populasi pada waktu tertentu, total pendapatan bisnis di sektor industri tertentu selama periode tertentu dan jumlah spesies satwa liar di suatu kawasan pada waktu tertentu.

d. Untuk mendapatkan akses observasi ke suatu populasi, diperlukan sebuah kerangka yaitu representasi operasional dari unit populasi. Hal ini seperti daftar semua objek dalam populasi yang diteliti .

e. Sampel dipilih dari desain pengambilan sampel yang menentukan mekanisme probabilitas dan ukuran sampel. Dalam membuat desain pengambilan sampel harus mempertimbangkan karakteristik dalam populasi. Setiap pengambilan sampel desain harus menentukan probabilitas pemilihan dan ukuran sampel. Jika probabilitas seleksi tidak diketahui, desain tidak valid secara statisti

f. Pengamatan   dalam   penelitian   survei   dilakukan   pada   sampel. Pengamatan  dapat  dilakukan  dengan  menggunakan  beberapa perangkat mekanis (misalnya, monitor elektronik atau pengukur yang merekam perilaku menonton TV), dengan pengamatan langsung (misalnya,  menghitung  jumlah spesies satwa liar  pada foto  udara), atau dengan kuesioner (mengamati fakta dan perilaku melalui pertanyaan  yang  mencerminkan  konseptualisasi  tujuan  penelitian) yang dikelola oleh staf khusus seperti pewawancara atau oleh unit itu sendiri.

g. proses estimasi  diterapkan  untuk  menghitung  perkiraan  parameter ketika membuat kesimpulan dari sampel ke populasi. Dalam setiap desain pengambilan sampel, terdapat satu atau lebih estimator yang dihitung pada data. Estimator ini didapatkan berdasarkan dari data yang dikumpulkan. Semua estimator memiliki bobot sampel yang merupakan besaran numerik yang digunakan untuk mengoreksi data sampel dari potensi kurangnya representasi terhadap populasi.

Fungsi dan Pemanfaatan Penelitian Survei

Penelitian survei Memiliki karakteristik yang khas. Cohen Dkk. (Cohen,  2018).  Menjelaskan  beberapa  fungsi dari penelitian  survei ini yaitu :

a. Untuk mengumpulkan data dengan sekali pengambilan karenanya ia bersifat ekonomis dan efisien .

b. Dalam penelitian survei mewakili populasi yang luas karenanya dalam pengambilan sampel harus Dilakukan dengan tepat .

c. Penelitian survei Ini menghasilkan data numeri Di mana data yang didapatkan dapat diproses secara statistik.

d. Penelitian survei ini menyediakan penjelasan deskriptif, inferensial, dan eksplanatori.

e. Penelitian survei ini juga dapat berfungsi untuk memanipulasi faktor kunci dan variabel untuk mendapatkan frekuensi.

f. Penelitian survei dapat berfungsi memastikan korelasi.

g. Penelitian  survei   dapat   berfungsi   untuk   mendukung   maupun membantah hipotesis yang terkait populasi sasaran.

 

Dalam perspektif lain Effendi menambahkan penelitian survei dapat dimanfaatkan untuk:

a. Penjajagan (eksploratif), penelitian   ini   bersifat   terbuka,   masih   mencari-cari   dan menggali.

b. Deskriptif, pernyataan ini dimaksudkan untuk melakukan pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial tertentu misalnya perceraian, pengangguran. Penelitian ini mengharuskan peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta namun tidak melakukan pengujian hipotesis.

c. Penjelasan (eksplanatori), peneliti mencoba menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis.

d. Evaluasi, penelitian survei ini bertujuan untuk mengukur Seberapa jauh tujuan yang digariskan pada awal program tercapai atau mempunyai tanda-tanda akan tercapai

e. Prediksi, penelitian survei dimaksudkan untuk mengadakan prediksi atau perkiraan tentang suatu fenomena sosial tertentu.

f. Operasional, variabel-variabel  yang  berkaitan  dengan  aspek  operasional suatu program.

g. Pengembangan indikator, Indikator-indikator sosial dapat dikembangkan didasarkan pada survei yang dilakukan secara berkala. Misalnya survei mengenai indikator  Kesejahteraan Rakyat  survei angkatan  kerja  nasional dan lain sebagainya.

Karakteristik Penelitian Survei

Penelitian survei memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

a. Logis

Hal yang khas dari penelitian survei ialah kelogisan. Penelitian survei dilakukan menggunakan prosedur berpikir logis dalam pengertian rasional. Hal ini dapat dimaknai bahwa cara kerja yang tidak  rasional tidak  dapat  dipakai dalam  metode  penelitian  survei. Secara  lebih  spesifik,  penelitian  survei menggunakan  cara  berpikir deduktif dan induktif. Penelitian survei ini sangat erat hubungannya dengan paradigma positivisme. Unsur kelogisan yang dimaksud ini mirip dengan kelogisan dalam paradigma positivisme.

b. Deterministik

dari konsekuensi cara berpikir logis itu, dalam penelitian survei harus ditentukan sistem atau kerangka berpikir dan kemudian membangun hipotesis untuk dibuktikan. Hipotesa-hipotesa ini bersifat eksplanasi  terhadap  variabel-variabel  yang  terkait  .  Eksplanasi  ini dapat berupa eksplanasi mengenai hubungan korelasional maupun hubungan kausal atas beberapa fenomena yang dijadikan variabel.

c. General

penelitian survei bermaksud menjelaskan keseluruhan dari populasi.  Penelitian  survei  tidak  hanya  dimaksudkan  untuk menjelaskan sampel yang dimaksud saja namun untuk digeneralisir secara lebih luas sampai pada cakupan populasinya. Untuk itu, penelitian survei disebut memiliki ciri general.ke general an ini terkait dengan  2  hal pertama  peneliti dapat  melakukan  replikasi terhadap temuan-temuannya pada beberapa sub kelompok. kedua temuan- temuan peneliti terdahulu dapat di replikasi oleh peneliti berikutnya atau di replikasi pada sampel-sampel atau sub-sub di kelompok selanjutnya.

d. parsimonious

penelitian Survei adalah penelitian yang bersifat hemat karena beberapa  hal pertama,  untuk  meneliti populasi  yang  besar seorang peneliti  dapat  menghemat  energi  nya  dengan  mengambil  sampel. Kedua untuk meneliti fenomena yang rumit dalam kehidupan yang memiliki banyak unsur  yang saling terkait  satu sama  lain, seorang peneliti dapat menggunakan kerangka berpikir yang dimodelkan dari hubungan-hubungan antar variabel. Ketiga untuk menganalisis data peneliti dapat menggunakan mesin atau komputer sehingga analisis dapat dilakukan secara lebih efisien.

e. spesifik

penelitian  survei disebut  spesifik  karena  sebelum  dilakukan pengambilan  data,  peneliti  harus  menyusun  definisi-definisi operasional terhadap variabel-variabel yang diteliti; terkait data lapangan, instrumen yang digunakan untuk mengambil data harus dijamin  validitasnya.  Akibatnya  data  yang  diperoleh  juga  dijamin valid.

Metode Penelitian Survei

Metode  penelitian  survei  dapat  dibedakan  menjadi  dua  tipe (Widodo, 2008:43) yaitu cross-sectional dan longitudinal.

1) Cross-Sectional

Cocok untuk penelitian yang tujuannya bersifat deskriptif dan prediktif. Dalam desain ini, satu sampel atau  lebih diambil dari populasi-populasi pada satu titik waktu yang sama.

2) Longitudinal

Responden-responden yang sama disurvei dari waktu ke waktu untuk menelaah perubahan-perubahan pada mereka secara individual.  Adapun  yang  menjadi  kelebihannya  adalah  peneliti dapat  menentukan  arah  dan  derajat  perubahan  pada  respons- respons secara individual, desain longitudinal adalah desain survei terbaik bila peneliti ingin mengakses efek kejadian tertentu yang terjadi secara alamiah. Namun ada juga kekurangannya yaitu data surveinya bersifat korelasional, sulit untuk mengidentifikasi penyebab perubahan tersebut, sulit untuk memperoleh sampel responden yang setuju berpartisipasi dari waktu ke waktu, selain dari pada itu bila orang-orang keluar dari survei tersebut seiring dengan berjalannya waktu (attrition), sampel akhirnya mungkin tidak dapat lagi diperbandingkan dengan sampel aslinya atau tidak dapat lagi merepresentasikan populasinya, responden mungkin berusaha   untuk   selalu   konsisten   di   semua   wawancara,   dan responden mungkin berperilaku dengan cara berbeda karena tahu bahwa dirinya sedang berpartisipasi dalam sebuah studi (faking).

http://slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-game.piipers.hemsida.eu/ https://publications.thapar.edu/plugins/slot88/ https://philparsons.co.uk/ https://omatsuri.co.jp/ http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/ https://chair.rmu.ac.th/media/images/link-gacor/ https://exams2.mehe.gov.lb/ https://mobileapp.iom.int/ https://uts.com.pk/slot-gacor-online/ https://devinscricao.uniritter.edu.br/ https://ilxl.ecs.fullerton.edu/wp-includes/ https://librarydirectory.dpi.wi.gov/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/assets/slot-gacor/ https://weatheraidev-trafficmanager.accuweather.com/ https://engineering.news.com.au/ https://weddinglovely.com/ http://situs-slot.piipers.hemsida.eu/ https://cmder.net/ http://judi-slot.piipers.hemsida.eu/ https://onokumus.com/ http://mycollab.com/ http://pg-slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pulsa.piipers.hemsida.eu/ http://judi-slot-online.piipers.hemsida.eu/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/sitemaps/ http://judi-online.piipers.hemsida.eu/ https://shibboleth.csustan.edu/ http://slot-terpercaya.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pragmatic.piipers.hemsida.eu/ http://data.withinwindows.com/ http://implbits.com/ http://ciudadanointeligente.org/ http://bocabit.elcomerciodigital.com/ https://onlineprd.uncg.edu/ https://piipers.hemsida.eu/ http://tesismapantropologia.izt.uam.mx/images/-/slot-gacor/ http://geografiahumana.izt.uam.mx/wp-includes/images/-/slot-gacor/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-content/uploads/2022/slot-demo/ http://economiafinanciera.izt.uam.mx/wp-includes/sitemaps/-/situs-slot-online/ http://imaginariosyrepresentaciones.izt.uam.mx/wp-includes/images/media/slot-terbaik/ http://moeduniv.izt.uam.mx/wp-includes/Requests/slot/ http://www.coloquiodeadministracion.izt.uam.mx/wp-includes/css/slot-online/ http://slot-gacor.piipers.hemsida.eu/ https://ulakumina.unilever.com/ http://chipmeup.pokernews.com/ https://duedex.com/ https://vtuber.damonge.com/ http://pragmatic.piipers.hemsida.eu/ https://srollins.cs.usfca.edu/ https://vp.becode.org/ https://spotspot.wstone.io/ https://changelog.itrackbites.com/ http://2016.gopherconbr.org/ "http://situs-slot-online.piipers.hemsida.eu/ http://docs.aptana.com/ https://data.hudson.com/ http://schdt2.microsoft.com/ http://schom2.microsoft.com/ https://magento234.webkul.com/