Pohon Pendidikan Indonesia di Tahun 2045

 

Oleh: Muhammad Fajri (IAIN Manado)

Para ahli telah mendefinisikan pendidikan sebagai proses pengubahan tingkah laku individu atau sekolompok orang menuju pendewasaan melalui pembelajaran dan pelatihan. Dari definisi ini  dapat kita ibaratkan Pendidikan seperti sebuah pohon, jika dirawat dengan baik ia akan terus tumbuh dan berbuah. Pendidikan yang selalu berkembang pada saatnya pasti akan berbuah. Akan tetapi pohon yang memiliki buah yang berkualitas bergantung pada factor lingkungan ditumbuhnya, dan kepedulian disekitarnya.

Dalam konteks Pendidikan di Indonesia, segala aspek yang mendukung keberhasilan Pendidikan itu menurut saya masih sangat jauh dari harapan. pendidikan kurang mendapatkan dukungan dari lima instrument penopangnya yaitu pemerintah, masyarakat, orang tua, guru, dan subjek Pendidikan itu sendiri yaitu peserta didik. Instrument-instrumen dalam meningkatkan kalitas Pendidikan menuju keberhasilan Pendidikan, harus dibarengi dengan dukungan lima instrument tersebut yaitu:

  1. Pemerintah: pemerintah perlu meningkatkan kualitas Pendidikan melalui anggaran yang diluncurkan dalam memfasilitasi sekolah secara merata seindonesi, tapi sayangnya pemerataan dana belum maksimal karena tingginya dana bergantung pada banyaknya siswa sekolah sehingga terlihat diskriminatifterhadap sekolah yang kecil ,siswanya sedikit dan terpelosok yang kekurangan fasilitas belajar yang memada. Seharusnya disediakan dana khusus yang adil sesuai perhitungan fasilitas yang dibutuhkan dan segera diadakan.
  2. Masyarakat: masyarakat perlu adanya kepedulian terhadap Pendidikan yaitu dengan dukungan dalam hal postif dan selalu memberikan bimbingan, dan contoh yang bai. Tapi pada kenyataannya Sebagian masyarakat kurang peduli dengan Pendidikan dimana masyarakat ada yang menunjukan perilaku yang kurang baik. Apalagi masyarakat didunia maya diberbagai aplikasi media sosial Sebagian dari mereka memberikan contoh yang kurang baik.

3.Orang tua: Orang tua perlu meningkatkan pola asuh anak yang bai, tapi pada kenyataannya beberapa orang tua lebih banyak memerahi, membentak, memukuli anaknya Ketika anaknya berbuat kesalahan disbanding memberikan bimbingan dan parenting pada anaknya.apalagi Ketika orang tua hanya terpaku pada pekerjaan dan lebih bannyak aktif didunia maya sehingga kepudulian terhadap anaknya kurang.

  1. Guru: Guru perlu meningkatkan lagi kualitas pembelajaran dengan pemanfatan media, metode, desain, dan sumber belajar. Tapi pada kenyataannya guru yang sudah berada pada era revolusi 4.0 masih menerapkan aktivitas pembelajaran ceramah dan metode konvesional lainnya. Selain itu guru harus memberikan contoh yang baik sebagai teladan.
  2. Peserta didik: pembentukan karakter, pengembangan IQ,EQ,sera SQ semuanya bergantung pada peserta didik itu sendiri, serta empat instrument yaitu pemerintah, masyarakat, orang tua, dan gur. Peserta didik ibaratkan buah pohon yang akan muncul setelah pohonnya tiba pada saat berbuah, kualitas buah tergantung lingkungan serta kepedulian sekitar.

Menuju Indonesia emas 2045, pohon Pendidikan merupakan tiang penyanggah yang sedang dibangun sekarang. Generasi emas pada saat ini masih berkembang dalam arti masih berproses menuju impian besar menggapai Indonesia emas 2045.


Apa itu Indonesia emas 2045 ?

Pada tahun 2045, mayoritas penduduk dalam keadaan produktif. Meraka akan menjadi generasi emas jika memenuhi kualifikasi berikut:

  1. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.
  2. Memahami dan menjaga empat pilar: Pancasila, uud, bhineka tunggal ika, dan NKRI.
  3. Memiliki keahlian, keterampian, dan profesionalisme yang tinggi dibidangnya,dan mampu bersaing dengan bangsa lain.
  4. Menguasai ilmu pengetahuan dan tekonologi serta dapat beradaptasi dengan kemajuan.

Itulah arti dari Indonesia emas 2045, dimana generasi emas harus menguasai empat kualifikasi tersebut. Pertanyaannya apakah sudah mulai kelihatan empat point tersebut pada generasi emas Indonesia sekarang. Coba kita Analisa secara empiris empat point tersebut:

1.memiliki wawasan kebangsaan yang kuat

Melihat pada point pertama ini saya menjadi kurang yakin ketercapaian point nomor satu ini, karena mengapa perkembangan kurikulum sekarang memadukan beberapa mata pelajaran menjadi tema dan subtema. Hal ini mengurangi inti sari dari materi pembelajaran. Dan selain itu beberapa pembelajaran wawasan kebangsaan telah ditiadakan.

  1. Paham serta menjaga empat pilar

Tidak bisa dipungkiri bahwa Sebagian dari kita ada yang belum tahu, belum hafal, belum menerapkan apa itu Pancasila, uud, bhineka tunggal ika, dan NKRI. Hal ini Kembali lagi pada lima instrument yaitu pemerintah, masyarakat, orang tua, guru , dan peserta didik itu sendiri. Bagaimana lima instrument tersebut saling membelajarkan satu sama lainnya.

  1. memiliki keahlian, keterampilan, dan profesionalisme dalam bidangnya serta mampu bersaing.

Ketercapaian keberhasilan point ini tergantung diri kita sendiri.

  1. Memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat beradaptasi dengan kemajuan.

Ilmu pengetahuan dapat dimiliki dari belajar dari sumber belajar berupa buku dan sebagainya atau pengalaman. Tapi beberapa diantara kita kurang minat dalam belajar apalagi membaca,lalu bagaimana kita dapat memperkaya ilmu pengetahuan jika belajar saja harus pada waktunya.

Teknologi sangat familiar tapi pada penggunaanya ada yang salah penggunaan teknologi ini termasuk dalam kesalahan dalam adaptasi.

Dipastikan pohon Pendidikan diindonesia pada tahun 2045 akan berbuah. Buah dari pohon tersebut tergantung lima instrument terhadap empat point sebagai unsur pertumbuhan pohon pendidikakan di indonesia.

Marilah kita sama-sama menjadi instrument yang saling mendukung satu sama lainnya. Perjuangan ini pasti berhasil jika kita tanamkan tekad emas dalam diri kita.

Berjuang  karena kita pejuang. Merdeka, karena kita berusaha dan berdoa. Indonesia emas 2045 Pasti, pasti, pasti bisa, maju, maju, maju semangat Indonesia MERDEKA!!!!!



 

http://slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-game.piipers.hemsida.eu/ https://publications.thapar.edu/plugins/slot88/ https://philparsons.co.uk/ https://omatsuri.co.jp/ http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/ https://chair.rmu.ac.th/media/images/link-gacor/ https://exams2.mehe.gov.lb/ https://mobileapp.iom.int/ https://uts.com.pk/slot-gacor-online/ https://devinscricao.uniritter.edu.br/ https://ilxl.ecs.fullerton.edu/wp-includes/ https://librarydirectory.dpi.wi.gov/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/assets/slot-gacor/ https://weatheraidev-trafficmanager.accuweather.com/ https://engineering.news.com.au/ https://weddinglovely.com/ http://situs-slot.piipers.hemsida.eu/ https://cmder.net/ http://judi-slot.piipers.hemsida.eu/ https://onokumus.com/ http://mycollab.com/ http://pg-slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pulsa.piipers.hemsida.eu/ http://judi-slot-online.piipers.hemsida.eu/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/sitemaps/ http://judi-online.piipers.hemsida.eu/ https://shibboleth.csustan.edu/ http://slot-terpercaya.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pragmatic.piipers.hemsida.eu/ http://data.withinwindows.com/ http://implbits.com/ http://ciudadanointeligente.org/ http://bocabit.elcomerciodigital.com/ https://onlineprd.uncg.edu/ https://piipers.hemsida.eu/ http://tesismapantropologia.izt.uam.mx/images/-/slot-gacor/ http://geografiahumana.izt.uam.mx/wp-includes/images/-/slot-gacor/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-content/uploads/2022/slot-demo/ http://economiafinanciera.izt.uam.mx/wp-includes/sitemaps/-/situs-slot-online/ http://imaginariosyrepresentaciones.izt.uam.mx/wp-includes/images/media/slot-terbaik/ http://moeduniv.izt.uam.mx/wp-includes/Requests/slot/ http://www.coloquiodeadministracion.izt.uam.mx/wp-includes/css/slot-online/ http://slot-gacor.piipers.hemsida.eu/ https://ulakumina.unilever.com/ http://chipmeup.pokernews.com/ https://duedex.com/ https://vtuber.damonge.com/ http://pragmatic.piipers.hemsida.eu/ https://srollins.cs.usfca.edu/ https://vp.becode.org/ https://spotspot.wstone.io/ https://changelog.itrackbites.com/ http://2016.gopherconbr.org/ "http://situs-slot-online.piipers.hemsida.eu/ http://docs.aptana.com/ https://data.hudson.com/ http://schdt2.microsoft.com/ http://schom2.microsoft.com/ https://magento234.webkul.com/