Rumah Indonesia gelar diskusi Telaah RUU sisdiknas 2022

Jumat 28 oktober 2022 Rumah Indonesia menggelar dikusi seri kebijakan pendidikan dengan tema “Telaah RUU sisdiknas 2022: kritik sekeras-kerasnya, bantu sekuat-kuatnya” Pada awal tahun 2022 ini pemerintah melalui kementerian Pendidikan dan kebudayaan menginisasi RUU Sisdiknas sebagi wujud dari perhatian pemerintah terhadap dunia Pendidikan. RUU sisdiknas yang baru ini mempunyai konsep yang mirip dengan UU sebelumnya (omnibus law). RUU ini akan menggantikan UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, serta UU Pendidikan Tinggi.

Dilihat dari Proses perumusan kebijakan

Pasal Pasal 5 huruf g UU No 12 Tahun 2011 sebagaimana diubah UU No 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (UU PPP) disebutkan bahwa salah satu asas pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik ialah asas keterbukaan.

Dalam komteks ini berarti perumusan RUU Sisdiknas ini belum sesuai dengan peraturan dalam pembentukan perundang-undangan karena asas keterbukaan tidak tercapai. Partisipasi public bermakna belum dilakukan dalam perumusan RUU ini sehingga ia belum memenuhi asas keterbukaan.

Partisipasi dalam perumusan RUU sisdiknas ini dianggap kurang begitu luas. Banyak pihak yang merasa bahwa dalam perencanaan, penyusunan, RUU ini tidak dilibatkan secara penuh. PGRI sebagai organisasi persatuan guru Indonesia juga tidak menjadi bagian dari Tim penyusun naskah RUU ini dan hanya dilibatkan dalam dengar pendapat yang sangat terbatas.

Hal ini tentu saja berbenturan dengan Pasal 96 UU PPP yang menyebutkan bahwa masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan dan/atau tertulis dalam pembentukan peraturan perundang-undangan melalui rapat dengar pendapat umum, kunjungan kerja, sosialisasi dan/atau seminar, lokakarya dan/atau diskusi

Dilihat dari substansi Substasnsi kebijakan

  1. Kesan swastanisasi

RUU sisdiknas 2022 mengandung kesan swastanisasi yang terlihat pada penghapusan frasa “tanggug jawa pemeritah dan pemerintah daerah” pada program wajib belajar.

Dalam UU sisdiknas no th 2003 frasanya berbunyi

“Wajib belajar adalah program pendidikan minimal yang harus diikuti oleh Warga Negara Indonesia atas tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah.”

Sementara dalam RUU sisdiknas 2022 bunyinya adalah

“Wajib Belajar adalah program Pendidikan minimal yang harus diikuti oleh warga negara Indonesia”.

  1. Kesejahteraan Guru

Isu tantang kesejahteraan guru merupakan isu yang paling banyak diperbincangkan. Dimana dalam RUU sisdiknas yang baru ini tunjangan profesi tidak dituliskan secara spesifik akan diberikan kepada guru. Hal ini kemudian menuai banyak protes dari organisasi guru seperti PGRI. Protes PGRI didasarkan pada guru sebagai sebuah profesi berarti bukan hanya sekedar pekerja sehigga harus diberikan tunjangan profesi tersebut. Dari segi peraturan pada UU no 14 th 2005 juga dijelaskan spesifik mengenai tunjangan profesi yang akan diberikan kepada guru.

  1. Pengakuan PIAUD

RUU sisdiknas ini juga mengakui Pendidikan anak usia dini sebagai jenjang Pendidikan formal yang pada UU no 20 th 2003 tidak disebutkan. Frasa ini tertuang dalam pasal 21 yang berbunyi:

“Jalur Pendidikan formal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 terdiri atas Jenjang Pendidikan anak usia dini, Jenjang Pendidikan dasar, Jenjang Pendidikan menengah, dan Jenjang Pendidikan tinggi”.

  1. Kewajiban 20% menerima mahasiswa kurang mampu

Pasal 42

“Perguruan tinggi negeri wajib menerima Mahasiswa baru yang kurang mampu secara ekonomi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari Mahasiswa yang diterima.”

Komitmen pemerintah untuk memberikan kesempatan seluasa-luasanya pada pemerataan Pendidikan khususnya bagi kalangan ekonomi kurang mampu juga sangat terlihat. Dimana dalam RUU sisdiknas ini mengatur bahwa perguruan tinggi wajib menerima mahasiswa kurang mampu minimal 20%. Hal ini tentu saja komitmen yang sangat baik mengingat saat ini banyak mahasiswa yang mengurungkan diri menempuh Pendidikan tinggi karena keterbatasan ekonomi. Komitmen ini tentu saja membutuhkan pengawalan sampai pada kebijakan turunanya karena sampai saat ini aturan mengenai jumlah minimal mahasiswa golongan UKT 1 hanya berjumlah 5%.

 

 

 

http://slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-game.piipers.hemsida.eu/ https://publications.thapar.edu/plugins/slot88/ https://philparsons.co.uk/ https://omatsuri.co.jp/ http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/ https://chair.rmu.ac.th/media/images/link-gacor/ https://exams2.mehe.gov.lb/ https://mobileapp.iom.int/ https://uts.com.pk/slot-gacor-online/ https://devinscricao.uniritter.edu.br/ https://ilxl.ecs.fullerton.edu/wp-includes/ https://librarydirectory.dpi.wi.gov/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/assets/slot-gacor/ https://weatheraidev-trafficmanager.accuweather.com/ https://engineering.news.com.au/ https://weddinglovely.com/ http://situs-slot.piipers.hemsida.eu/ https://cmder.net/ http://judi-slot.piipers.hemsida.eu/ https://onokumus.com/ http://mycollab.com/ http://pg-slot.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pulsa.piipers.hemsida.eu/ http://judi-slot-online.piipers.hemsida.eu/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-includes/sitemaps/ http://judi-online.piipers.hemsida.eu/ https://shibboleth.csustan.edu/ http://slot-terpercaya.piipers.hemsida.eu/ http://slot-pragmatic.piipers.hemsida.eu/ http://data.withinwindows.com/ http://implbits.com/ http://ciudadanointeligente.org/ http://bocabit.elcomerciodigital.com/ https://onlineprd.uncg.edu/ https://piipers.hemsida.eu/ http://tesismapantropologia.izt.uam.mx/images/-/slot-gacor/ http://geografiahumana.izt.uam.mx/wp-includes/images/-/slot-gacor/ https://mctrans.ce.ufl.edu/wp-content/uploads/2022/slot-demo/ http://economiafinanciera.izt.uam.mx/wp-includes/sitemaps/-/situs-slot-online/ http://imaginariosyrepresentaciones.izt.uam.mx/wp-includes/images/media/slot-terbaik/ http://moeduniv.izt.uam.mx/wp-includes/Requests/slot/ http://www.coloquiodeadministracion.izt.uam.mx/wp-includes/css/slot-online/ http://slot-gacor.piipers.hemsida.eu/ https://ulakumina.unilever.com/ http://chipmeup.pokernews.com/ https://duedex.com/ https://vtuber.damonge.com/ http://pragmatic.piipers.hemsida.eu/ https://srollins.cs.usfca.edu/ https://vp.becode.org/ https://spotspot.wstone.io/ https://changelog.itrackbites.com/ http://2016.gopherconbr.org/ "http://situs-slot-online.piipers.hemsida.eu/ http://docs.aptana.com/ https://data.hudson.com/ http://schdt2.microsoft.com/ http://schom2.microsoft.com/ https://magento234.webkul.com/